Label

Entri Populer

Bahasa Inggris Formal & Informal Beserta Kosakata Lengkap

Post a Comment

Sama seperti dalam bahasa Indonesia, di bahasa Inggris juga memiliki dua gaya bahasa, yaitu formal dan informal. Untuk bahasa Inggris informal, selama ini kita mungkin sudah sering mendengarnya. Akan tetapi bagaimana dengan bahasa Inggris formal? Nah, kali ini Penjelajah Bahasa Inggris akan mengajak temen-temen mempelajari pengertian bahasa Inggris formal ataupun informal dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Bahasa Inggris Formal dan Informal

Bahasa Inggris formal adalah gaya bahasa Inggris yang digunakan saat kita berbicara dengan orang yang tidak terlalu dikenal.

Sedangkan bahasa Inggris informal berarti gaya bahasa Inggris yang digunakan apabila kita berbicara dengan teman atau sahabat (yang sudah kita kenal).

Selain dalam percakapan sehari-hari, bahasa Inggris formal adalah juga bahasa umum untuk membuat karya tulis berupa essay, speech text, sampai research paper. Di dalam meeting perusahaan, bahasa Inggris formal juga lebih dihargai.

Kapan Harus Berbahasa Formal?

Setelah membahas pengertiannya, kali ini kita akan membahas tentang kapan sih harus berbahasa formal?

Nah, ada beberapa kondisi yang tidak memperbolehkan kita bicara menggunakan bahasa Inggris informal. Kondisi-kondisi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Saat berbicara dengan orang asing/tidak terlalu dikenal.
  2. Saat berbicara dengan orang lebih tua/lebih dihormati
  3. Saat berbicara di dalam forum resmi, seperti upacara, rapat, dan semacamnya
  4. Saat menulis karya tulis ilmiah
Berikut adalah List Informal dan Formal:


Jika teman-teman punya kosakata lainnya silahkan kirim di kolom komentar ya...

Related Posts

Post a Comment