Berikut step by step membuat CV yang disukai HRD apabila melamar di Perusahaan BUMN dan bahkan semua perusahaan Non BUMN.
Disclimer yaa.. ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan temen-temen , pengetahuan, serta berdasakan analisa saya sendiri. Belum tentu sepenuhnya benar tapi bisa di pertimbangkan. Sebab, memang tidak ada template untuk bagaimana cara membuat CV seharusnya.
Pra-Pembuatan CV
- Sebelum buat CV pahami dulu secara spesifik posisi apa yang mau di lamar. Ini penting. Sebab, kita tidak bisa membuat satu CV untuk semua posisi. Nanti saya akan dijelaskan alasannya dalam proses pembuatan CV.
- Pastikan bahwa CV kita hanya satu lembar. Kenapa ? Karna pelamar sangat banyak maka akan sangat baik jika kita membuat CV yang on point dalam satu lembar dan menjawab ke butuhkan mereka.
- Tapi data dan prestasi yang mau saya tunjukan di cv banyak, layout kertasnya ga muat, gmn caranya? Oke, caranya ubah layout kertas di Ms. Word dari A4 menjadi 'Legal'. Layout akan lebih luas dan panjang untuk bisa di isi.
- Lalu tentukan susuan CV nya mau seperti apa. Jika bingung bisa gunakan aplikasi Canva untuk melihat template CV atau Resume kalau di Canva cari nya. Saya merekomendasikan untuk membuka di PC karena lebih nyaman. Pelajari bagaimana susunan CV yang Canva rekomendasikan. Tapi jangan plek-plek jiplak template CV yang ada di canva karena kemungkinan besar akan sama dengan pelamar lain. Jangan sampe itu terjadi.
- Pilih design CV yang simple (kecuali untuk posisi yang berhubungan dengan design maka CV bisa jadi sekaligus portofolio maka berkreasilah). Jika bukan posisi yang berhubungan dengan design, silahkan buat CV yang polos saja tidak perlu terlalu banyak design yang malah membuat tidak nyaman untuk di baca. Cukup bermain perpaduan dua warna, pilih warna yang aman (ex: gold, dongker, grey dll) untuk judul deskripsi seperti Name, Carrer Summary, Education dll. Deskripsinya pilih warna hitam saja. Intinya hanya dua warna.
Pembuatan CV
- Buat CV dalam bahasa inggris seluruhnya.
- Saya merekomendasikan setidaknya dalam CV secara berurutan memuat.
- Foto. Pakailah foto yang berbeda dengan foto ijasah. Pakai foto formal seperti pas foto dengan posisi yang nyaman, tersenyum dan welcome. Mungkin temen2 bisa dateng ke LinkedIn Budi Komala untuk mendapatkan refrensi foto yang bisa di jadikan foto LinkedIn dan/atau CV. Berikut bisa jadi contoh nya teman-teman.
Illustration: LinkedIn
Menurut saya dengan foto seperti ini dapat membuat CV kita lebih bersinar dari CV pelamar lain. Sebab, menurut saya pribadi, pandangan pertama HRD pasti ke foto. Foto yang proper akan membuat orang penasaran ingin tahu siapa kita.
- Nama Lengkap & deskripsi singkat tentang kita. Contoh deskripsi singkatnya seperti siapa kita, pengalaman kita dalam profesi itu berapa tahun dan deskripsi singkat ttg karakter kita.
- Phone, Email dan Sosial Media. Ini penting supaya pemberi kerja tau kemana harus menghubungi kita. Cantumkan juga sosial media kita untuk menunjukan kepercayaan diri kita untuk di track base on our social media. Kalo belom percaya diri mending di perbaiki dulu sosmed nya supaya lebih percaya diri.
- Carrer Summary. Kita tulis dan deskripsikan kita pernah kerja dimana aja dari kapan sampe kapan, terus per kerjaan atau tempat kerja jobdesk kita apa aja. Kita jelasin apa aja yang pernah kita kerjain dengan baik atau menjadi kerjaan yang dalam proses pembelajaran kita. Tapi kita pilih, kita pilih pekerjaan yang pernah kita lakuin tapi berhubungan erat dengan posisi yang ingin kita lamar. Itulah makanya di awal saya bilang penting untuk bikin CV secara khusus diawal untuk posisi yang khusus. Tidak bisa satu CV untuk lamar posisi A, B, C atau D.
- Education. Kita kasih tau sekolah atau kampus kita dimana, dari bulan dan tahun berapa sampai berapa. Terus jelasin jurusan kita apa, kita fokus ilmunya nya apa, kalo sarjana skripsi kita judulnya apa. Karena, bahkan topik skripsi kita bisa bikin kita dapet kerja lho..
- Award. Kita pilih 1–5 prestasi saja yang paling berkaitan dengan posisi yang ingin kita lamar. Prestasi yang paling oke menurut kita.
- Skill and Character. Tulis aja skill kita apa aja yang paling berkaitan dengan jobdesk atas posisi yang kita lamar. Gausah pake grafik, bintang 1–5, dll. Tulis aja misal mampu berkomunikasi dan menulis dalam bahasa inggris (aktif), dan bahasa A (pasif), menguasai Ms Office, dll. Buat dengan singkat dan jelas apa aja yang kita bisa. Kemudian, tuliskan juga karakter kita seperti apa, tonjolkan karakter yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar yaa.
- Creation. Ini berhubungan dengan karya apa yang pernah kita buat, misal di IG kita bikin media sharing tentang ilmu jurusan kita, terus di youtube aktif bikin konten. Kita bisa tulis youtube atau sosmed nya apa. Ini bagus untuk menunjukan apa yang kita lakukan diluar jobdesk kita.
3. Banyak ya minimal muatan CV nya ? Muat ga dalam satu lembar ? Muat. Oleh karena itu kita harus cerdas memilih dan meringkas CV kita supaya on point dan flow nya enak untuk di baca. Di buat dalam bahasa inggris akan memudahkan yan dalam meringkas CV.
Kita harus cerdas memilih mana yang kita masukkan dan hilangkan dari CV yang lama untuk menghighligh hal-hal yang berkaitan dengan posisi yang kita lamar.
Itulah kenapa membuat CV tidak sesimple itu.
4. Setelah jadi, buat dalam format .PDF. Fungsinya supaya ketika di buka oleh HRD setelah kita kirim, formatnya gak acak2an. Format PDF akan membantu kita supaya kejadian tak terduga seperti ini tidak terjadi.
5. CV biasanya erat dengan Cover Letter. Cover Letter juga harus di buat dalam bahasa inggris yaa.. Buat Cover leter yang bagus dan spesifik. Lakukan riset tentang prestasi si perusahaan itu sehingga memudahkan kita untuk menulis alasan kita melamar pekerjaan sebagai posisi A di PT tersebut. Buat yang bagus banget banyak contohnya di google bisa cari dan rombak.
Ambil contoh yang bagus, jika ada yang jeleknya buang, tempel pake contoh kalimat yang bagus dari contoh cover letter lainnya.
Demikian step by step nya.
Semoga membantu dan bermanfaat.
Intinya dari CV kita bisa di nilai, kita karakter pelamar yang seperti apa. Cocok ga sama yang dia cari. Dari CV juga kita bisa nunjukin etika dan niat kita.
Berusahalah mulai dr CV sebagai Resume kita. Sebab itu salah satu pintu kita untuk dapat pekerjaan. Buat HRD tertarik dan jatuh hati dengan kita dengan CV kita. Sehingga tertarik untuk memanggil kita interview.
Sekarang segera perbaiki CV kita sebaik-baiknya. Action Now!
Tuhan mungkin memberikan kita jawaban dan petunjuk atas doa kita untuk mendapatkan pekerjaan melalui artikel yang kita baca.
Sudah di tunjukan maka segera lakukan.
Post a Comment
Post a Comment