Label

Entri Populer

Soft Skill yang Perlu Diasah Sejak SMA

Post a Comment

 Apa saja ya soft skill yang perlu dimiliki dan kemudian diasah sejak Sekolah Menengah Atas?

1. Public Speaking

Saya rasa ini perlu sekali mengingat di perkuliahan terdapat tugas-tugas yang mengharuskan presentasi di deap dosen dan rekan mahasiswa. Meskipun materi bagus dan cemerlang, tetapi apabila tidak bisa menyampaikannya dengan baik, bagaimana dosen akan memberikan nilai yang bagus?

Illustration: Gaiagita.com
Itu belum seberapa. Jika kamu ingin mengikuti organisasi atau kepanitiaan pasti saat proses pendaftaran temen-temen akan melakukan sesi wawancara. jangan sampai karena temen-temen tidak mengasah kemampuan public speaking jadinya akan langsung di diskualifikasi. Karena yang terpenting dalam sebuah acara ada tim yang mampu berkomunikasi dengan baik.

Hal yang paling penting menurut saya adalah nanti saat sidang skripsi. Walaupun temen-temen adalah mahasiswa tercerdas sekalipun jika masih gemetaran bicara di depan dosen penguji, maka temen-temen akan fail. Jadi sebisa mungkin berlatih-lah tentang public speaking sedini mungkin.

2. Menulis

Saya tidak yakin menulis adalah soft skill sih hehehe, tapi ini penting sekali untuk dilatik sejak SMA. Karena apa? Karena kalau di kuliahan nanti kerjaannya temen-temen aka bikin makalah, laporan, penelitian, dan sebagainya. Sampai nanti skripsi atau tugas akhir pun temen-temen harus menulis. Percuma kalau temen-temen punya ide brilian sekalipun tapi tidak bisa menuangkannya dalam sebuah tulisan.

Illustration: IDN Times Sumut
Ada tips bagus yang saya dapatkan dari seniman kondangnya anak muda, yaitu Bung Fiersa Besari, jika temen-temen ingin handal dalam menulis, banyak-banyaklah membaca buku (apapun). Bahkan menurut beliau, kita tidak perlu mengikuti seminar-seminar penulisan. Fiersa Besari pernah beberapa kali membuat pagelaran seminar penulisan, tapi akhirnya beliau sadar, bahwa hal tersebut sia-sia apabila si calon penulis tidak memiliki minat dalam mebaca. Bisa saja Fiersa Besar tetap mengadakan seminar/pelatihan menulis, tapi beliau enggan memanfaatkan hal tersebut hanya untuk keperluan pribadi.

3. Critical Thinking

Illustration: Hipwee
Dikuliahan jika teme-temen ingin membuat makalah, maka temen-temen memerlukan sumber-sumber yang valid dan tidak sembarangan. Jadi pastikan selalu check and re-check. Terus gimana dong kalo masih anak SMA? Temen-temen bisa mengecek hasil pengerjaan PR 2 atau 3 kali diulang-ulang lagi. Jadi pastikan temen-temen punya kemampuan critical thinking untuk menganalisa suatu informasi.

Apakah ada soft skill yang menurut temen-temen perlu diasah juga, coba dong kirim di kolom komentar jika ada.

Related Posts

Post a Comment